SKIP TO MAIN CONTENT
SEO SERVICES INDONESIA: 0882-2522-6922
[DAFTAR ISI]
KONSULTAN SEO INDONESIA
Saturday, September 16, 2017
SEO vs Adwords: Halaman Pertama Google
SEO vs Google Adwords sama-sama dalam kategori: search engine marketing (SEM) | cara pemasaran di dunia internet. SEO dan Adwords memiliki kelebihan yang nyaris sama dan kekurangan yang nyaris sama juga.

SEO = Efektif
Adwords = Efektif.

Mempertahankan Ranking di Halaman Pertama Google

Yang menjadi pokok permasalahan adalah: Apakah ranking yang sudah diraih dapat bertahan lama? Bila bisa bertahan, lalu berapa lama ranking di halaman pertama google itu bisa bertahan?

Faktor-faktor yang mempengaruhi bertahannya Ranking di Google

  1. Faktor Kontinyuitas Website
  2. Faktor Kekuatan Pesaing
  3. Faktor Google-Update

Faktor Kontinyuitas Website identik dengan: "Apakah situs web tersebut selalu update?"

Faktor Kekuatan Pesaing: "Apakah para pesaing (baca:kompetitor) tinggal diam atau berusaha meraih ranking yang sama atau mengalahkan ranking kita?"

Faktor Google-Update: "Kapankah google algoritm (baca: cara google me-ranking semua situs di dunia) mengalami update /perubahan?"

Itu berarti tidaklah mungkin sebuah ranking yang sudah diraih oleh sebuah situs tidak mengalami perubahan baik perubahan dalam bentuk kenaikan ranking maupun penurunan ranking. Itulah kenapa, sering terjadi, pengguna Google adwords secara berkala memperbaharui akun adword mereka dengan menggelontorkan iklan adwords dan begitu pula dengan SEO, mesti ada perawatan yang secara kontinyu dilakukan untuk mempertahankan ranking di halaman pertama google. Logika kita gini: sudah rutin pake adwords atau SEO tapi ranking terkadang menurun, stabil dan naik. Itu semua bersifat relative.

Bila menggunakan adwords atau SEO (mungkin justru) menurunkan ranking maka, apalagi tanpa adwords dan SEO sama sekali.

SEO dan Adwords itu hanyalah metode. Selebihnya bergantung pada:

  • Seberapa unik dan bermanfaatkah situs anda dimata pengunjung?
  • Apakah ada kontinyuitas/ update setiap waktu di website anda?
  • Apakah pengunjung anda nyaman mengunjungi website anda (tanpa malware, dsb)?
  • Apakah pengunjung yakin website anda bukan Scam atau tipu-tipu?
  • Bila pengunjung telah menjadi calon pelanggan, apakah anda dapat menjamin pelayanan yang memuaskan bagi para pengunjung, calon pelanggan dan pelanggan produk / bisnis online anda?

Misalnya saja, dengan SEO atau Adwords, situs web anda muncul di halaman pertama google bahkan ranking 1, 2 atau 3. Lalu banjirlah traffic (baca;pengunjung) ke situs web anda. Tapi setelah pengunjung bertanya secara online (baik via live chat, email, whatsapp, bbm atau telpon langsung anda atau customer service bisnis anda tidak sopan melayani calon pelanggan, atau barang telat nyampe atau anda tidak konsisten dengan diskon yang anda tawarkan sesuai iklan atau ada faktor yang identik dengan itu yang membuat calon pelanggan dan pelanggan bisnis online anda tidak betah alias tidak nyaman? Apakah anda akan mengatakan bahwa traffic menurun gara-gara SEO atau adwords? Tidak logis, bukan?

Sekali lagi, SEO dan Adwords adalah Metode. Bisa jadi situs bisnis online anda muncul di halaman pertama google atau menang ranking, selebihnya ....... tergantung anda! ...

Intinya: Adwords atau SEO hanya mengantarkan situs web anda muncul dihalaman pertama google dimana hampir situs-situs besar berlomba-lomba ingin mendapatkan halaman pertama google bahkan berani membayar jutaan bahkan puluhan juta untuk tujuan itu. Bila situs web anda sudah duduk di halaman pertama google, manfaatkan sebaik-baiknya dan bikin pelanggan ketagihan membeli produk berkualitas anda. Layani mereka dengan tulus dan bikin mereka senyaman mungkin... Sukses buat anda! #Amin.

Salam SEO! Salam Adwords!
Konsultan SEO Indonesia

By Konsultan SEO | SEO Services Indonesia (0882-2522-6922)
Back to SEO Homepage.
Chat Kami Dengan WhatsApp
⧉ SEO Indonesia uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our Cookies & Privacy policy.